Terkait Scrap, Massa FPMLT ‘Geruduk’ Gate Benete PT AMNT

  • Bagikan

Sumbawa Barat – Belasan pemuda yang tergabung dalam Forum Peduli Masyarakat Lingkar Tambang (FPMLT) Kabupaten Sumbawa Barat menggelar aksi unjuk rasa didepan Gate 21 Alfa PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), Desa Benete, Kecamatan Maluk, pada Rabu (8/12/2021) Siang.

Dalam orasinya, belasan massa FPMLT merasa tak dilibatkan dalam pengelolaan limbah Scrap milik PT AMNT. Mereka mengaku kecewa dengan pihak PT AMNT hingga saat ini tidak lagi melibatkan masyarakat lingkar tambang sebagai bentuk pemberdayaan.

(Foto ist : Massa FPMLT pada saat memblokade pintu gate PT AMNT Benete)

“Kami kecewa dengan PT AMNT. Artinya, PT AMNT lebih memproritaskan pengusaha luar KSB, ketimbang pengusaha lokal KSB,” kata, Ketua FPMLT Musmuliadi dalam orasinya.

Ia juga minta, manager PT AMNT agar berlaku adil, jangan pernah mengabaikan pengusaha lokal dalam pengelolaan scrap.

“Ini kan, bentuk pemberdayaan terhadap masyarakat, jika dalam pengelolaan scrap tersebut melibatkan pengusaha lokal,” ujarnya.

Selain itu, Musmuliadi juga mendesak PT AMNT untuk segera dipertemukan dengan pihak PT AMC sebagai pemenang tender sebelum dilakukan pengangkutan scrap.

“Kami ingin di fasilitasi oleh manejemen PT AMNT agar bisa bertemu dengan PT AMC untuk berkoordinasi terkait dengan tuntutan kami sebelum dilakukan pengangkutan scrap,” kata Mus akrab pria itu disapa.

Terlihat dilokasi, massa aksi mengancam akan melakukan aksi kembali sampai ada jawaban dari tuntutan terhadap PT AMNT dan PT AMC.

Selain itu, massa aksi merasa kecewa dengan cara kerja PT AMNT dan PT AMC sebab diduga di anggap ‘main petak umpet’ dalam pemuatan scrap dan tidak terbuka dengan masyarakat lokal khususnya.

Dilokasi juga, terlihat massa aksi di kawal ketat oleh pihak kepolisian. Namun, sekitar pukul 16.13 Wita, pihak berwenang melakukan koordinasi dengan perwakilan Security PT AMNT, Kapolsek Maluk, Danposramil Maluk dengan massa aksi.

Sehingga, pukul 17.08 Wita, dilakukan koordinasi oleh Danramil 1628-02 Kapten Cba Yusman dan Danton Brimob AIPTU Miq Agus dengan massa aksi dengan pihak PT AMC dan akan di jadwalkan waktu dan tempat untuk berdialog dengan massa aksi sesuai dengan persetujuan dari PT AMC.

Sehingga, pukul 17.45 Wita massa aksi membubarkan diri dan menunggu komunikasi lebih lanjut dari pihak PT AMNT dan PT AMC.

 

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: insidentb@gmail.com,/redaksiinside2019@gmail.com.

Terima kasih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!